Menggunakan berbagai macam perawatan untuk kulit wajah merupakan hal yang wajar dilakukan oleh kebanyakan kaum hawa. Demikian juga menggunakan sunblock wajah yang penting untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Namun sering kali banyak yang bingung bagaimana memilih sunblock yang terbaik dan paling tepat. Karena setiap orang bisa jadi memiliki pilihan dan kecocokan masing-masing. Nah, supaya tidak bingung, berikut ini ada beberapa tips memilih sunblock wajah yang paling cocok supaya tidak bingung jika harus menjatuhkan pilihan pada produk yang tepat.

Tentang Sunblock Wajah Yang Tersedia di Pasaran

Sebelumnya, sangat penting mengetahui lebih dulu apa dan bagaimana jenis sunblock yang tersedia di pasaran secara bebas. Produk sunblock ini memang dapat dengan mudah didapatkan dimana-mana, baik di toko maupun di supermarket. Setiap produk bisa memiliki kandungan yang berbeda-beda, termasuk harga dan proteksi yang berbeda pula. Nah, sering kali banyak orang awam tidak paham benar beda sunblock yang satu dan yang lain. Berpikir bahwa setiap sunblock pasti sama dan bisa melindungi wajah dari sinar matahari. Eits, rupanya hal ini tidak sepenuhnya benar. Supaya lebih jelas, simak dulu beberapa jenis sunblock yang umumnya dijual di pasaran secara bebas.

  • Sunblock Dengan Kandungan PA

Sering kali kita perhatikan bahwa sunblock yang kita gunakan memiliki kandungan PA. Akan tetapi sayangnya banyak yang awam dan tidak tahu apa maksud dari kandungan PA tersebut. PA sendiri merupakan singkatan dari Protection Grade of UVA. Artinya, sunblock tersebut memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet UVA. Yang artinya menangkal efek sinar matahari dari resiko terjadinya penuaan dini. Karena UVA merupakan gelombang sinar ultra violet yang sanggup menembus lapisan kulit hingga menembus dermis dan menyebabkan radiasi. Sehingga bisa menimbulkan efek kerutan pada wajah hingga resiko kanker kulit. Nah, menggunakan sunblock dengan kandungan PA ini akan membantu menghindari efek tersebut saja. Semakin banyak tanda plus setelah PA, maka makin tinggi tingkat proteksinya. Karena itu sering kali kita temukan tulisan bertanda PA+, PA++ atau bahkan PA+++.

  • Sunblock Dengan Kandungan SPF

Kita juga sering kali melihat sunblock yang bertuliskan mengandung SPF 30 atau SPF 50. Nah, SPF ini merupakan kepanjangan dari Sunburn Protection Factor. Kandungan SPF ini bertugas untuk membantu melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet tipe B, dimana jenis sinar ini umumnya hanya sebatas mempengaruhi melanin kulit saja. Efek sinar ultraviolet tipe B ini bisanya menyebabkan pigmen kulit berubah menjadi gelap atau lebih tepatnya membakar permukaan kulit. Oleh sebab itu jika menggunakan produk yang mengandung SPF, sejatinya hanya mencegah kulit terbakar sinar matahari. Semakin tinggi nilai SPF, maka secara tidak langsung makin lama proteksi yang akan diberikan oleh sunblock.

  • Sunblock Dengan Kandungan PA dan SPF

Kebanyakan produk di pasaran saat ini tidak hanya mengandung salah satu jenis saja, tetapi mengandung PA dan SPF sekaligus. Mengapa? Karena perpaduan keduanya inilah yang paling efektif dalam melindungi kulit baik dari sinar UVA dan sinar UVB. Sehingga tidak hanya mencegah kulit terbakar tetapi juga mencegah efek radiasi yang bisa jadi lebih berbahaya. Oleh sebab itu ada baiknya memperhatikan kandungan sebuah sunblock wajah terlebih dahulu, supaya dapat memperoleh hasil yang optimal saat digunakan.

  • Sunblock Waterproof

Ada tipa sunblock yang anti air dan ada pula yang tidak. Umumnya sunblock anti air tersebut bertuliskan waterproof. Fungsinya supaya tidak mudah luntur saat terkena air, seperti misalnya saat melakukan aktivitas berenang atau bermain air di pantai. Oleh sebab itu tak heran jika tekstur sunblock yang satu ini lebih pekat dan lebih menempel di kulit.

Tips Memilih Sunblock Wajah Yang Sesuai

Setelah paham betul apa saja jenis sunblock yang ada di pasaran, tentu saja selanjutnya menentukan pilihan, mana sunblock yang paling cocok untuk digunakan. Ingatlah bahwa belum tentu yang paling mahal akan cocok digunakan di kulit kalian. Karena pada dasarnya setiap produk mengandung bahan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu sebaiknya ikuti tips berikut ini jika ingin mendapatkan sunblock wajah yang paling tepat.

  • Perhatikan Jenis Aktifitasmu

Ada baiknya mengetahui jenis aktifitas yang dilakukan setiap hari lebih dulu. Mulai dari apakah aktifitasmu ada di dalam atau di luar ruangan, lalu kemudian apakah sunblock digunakan untuk berenang atau untuk aktifitas yang tidak terkena air. Semua ini menentukan tipe dan jenis sunblock wajah yang harus dipilih. Semakin lama aktifitas yang dilakukan di luar ruangan, maka makin tinggi SPF yang akan dibutuhkan. Demikian juga jika ingin berenang, sebaiknya gunakan sunblock yang anti air sehingga tidak mudah luntur walau digunakan selama berjam-jam lamanya.

  • Cek Lebih Dulu Tipe Kulitmu

Jangan lupa untuk lebih dulu mengecek tipe kulit yang dimiliki. Karena kulit berminyak bisa jadi memiliki pilihan produk yang tidak sama dengan jenis kulit yang kering. Oleh sebab itu baca baik-baik kegunaan suatu sunblock wajah sebelum memutuskan untuk membelinya. Bila memiliki kulit yang berminyak sebaiknya gunakan tipe yang sesuai. Demikian halnya jika memiliki tipe kulit wajah yang kering, sebaiknya carilah sunblock wajah yang menggunakan pelembab ekstra sehingga tidak membuat kulit semakin kering saat digunakan.

  • Cobalah Dan Lihatlah Reaksinya

Hal penting berikutnya yaitu memastikan bahwa jenis kulit kita cocok dengan sunblock yang digunakan. Oleh sebab itu sebaiknya ujilah dulu untuk pertama kalinya terhadap suatu produk sunblock yang kita beli. Apabila terjadi rasa gatal, kemerahan atau bahkan iritasi dan sensasi rasa panas di kulit wajah, maka sebaiknya hindari penggunaan sunblock tersebut. Karena hal ini menandakan reaksi alergi terhadap salah satu bahan yang digunakan dalam sunblock.

  • Semakin Lama Perlindungan Semakin Mahal Harganya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, semakin banyak perlindungan maka semakin optimal sunblock tersebut melindungi kulit wajah kita. Namun demikian di sisi lain, bisa jadi harganya juga jauh lebih mahal. Oleh sebab itu tidak perlu membeli produk yang berlebihan. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak perlu membeli produk yang harganya terlalu mahal.

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan sunblock wajah yang ada di pasaran saat ini. Termasuk juga serba serbi memilih sunblock wajah yang paling cocok. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis dan tipe kulit serta kebutuhan akan penggunaan sunblock wajah yang berbeda-beda. Oleh sebab itu produk yang satu dan yang lain bisa jadi berbeda reaksinya pada orang yang sama. Atau bisa juga orang yang satu tidak selalu cocok menggunakan produk yang sama dengan orang lain. Sebaiknya pastikan untuk melihat secara teliti efek dan reaksi dari sunblock yang dipilih. Sehingga nantinya saat digunakan dapat lebih optimal dan memberikan hasil seperti yang dihasilkan. Selamat memilih!