Anafilaksis merupakan sebuah reaksi yang di sebabkan oleh alergi yang tergolong berat. Karena alergi yang di tumbulkan bisa menyebabkan kehilangan nyawa penderitanya. Bila kita mengalami anafilaksis maka harus segera mendapatkan pertolongan medis, karena alergi ini bisa berkembang dengan sangat cepat. Pendrita Syok anafilaksis bisa terjadi cuma dalam hitungan detik atau juga menit setelah si penderita terbaring yang di sebabkan oleh aregri tersebut.

Ada beberapa penyebab yang bisa terjadinya anafilaksis, berikut merupakan penyebab seseorang bisa terkena anafilaksis.

Penyebab Terjadinya Anafilaksis

Salah satu penyebab terjadinya anafilaksis ialah masuknya zat pada tubuh kita yang menimbulkan terjadinya alergi. Reaksi penderita anafilaksis terjadi saat sistem imun pada tubuh merespons adanya alergen yang dianggap berbahaya karena sangat berlebihan. Kondisi ini akan menimbulkan tekanan darah pada tubuh kita turun secara tiba-tiba atau bisa kita sebut dengan syok.

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan syok Anafilaksis.

  • Dari makanan, seperti halnya telur, susu, ikan laut, buah-buahan dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik obat antiinflamasi nonsteroid dan obat bius
  • Sengatan Serangga
  • Menghirup debu, karena ada sebagian orang yang alergi akan debu

Biasanya orang yang sangat rentan terjadinya anafilaksis adalah orang yang mempunyai penyakit sesak napas atau bisa di sebut juga asma.

Gejala yang ditimbulkan Anafilaksis

Pada awalnya orang yang menderita anafilaksis akan terlihat seperti halnya orang yang mengalami alergi biasa. Akan tetapi setelah jangka waktu 30 menit akan terlihat gejala yang serius. Untuk gejala lain yang bisa menimbulkan anafilaksis adalah.

  • Terjadinya sakit kepala
  • Terjadinya sakit perut
  • Nampak seperti orang bingung dan susah
  • Sesak pernapasan
  • Mengalami mual, muntah dan diare
  • Mengalami kesemutan pada bagian kulit kaki, tangan, kulit kepala dan mulut
  • Badan mendadak hangat
  • Kesulitan menelan atau bisa juga terjadi bengkak pada bagian tenggorokan

Jika gejala-gejala tersebut terjadi setelah terjadinya alergi maka orang yang mengalami alergi tersebut. Sebaiknya secepatnya di tangani secara intensif atau bisa langsung di bawa ke dokter.

Cara Mencegah Anafilaksis

Orang yang mengalami anafilaksis sangatlah sulit untuk di cegah, kalau saja ada sebuah zat tertentu yang masuk pada tubuh kita. Cara yang paling mudah untuk mencegah terjadinya Anafilaksis ialah dengan cara menghindari segala zat yang menimbulkan alergi. Supaya nantinya tidak terjadi Anafilaksis, karena seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Anafilaksis bisa terjadi pada orang penderita alergi yang berlebihan.

Oleh sebab itu bila anda merupakan orang yang alergi akan sesuatu. Maka sebaiknya anda menghindari segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi tersebut muncul. Jagaan sampai anda terkena Anafilaksis, karena bila anda terkena Anafilaksis maka nyawa anda taruhannya jika tidak segera di tangani dengan cepat. Demikian yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. Untuk menambah pengetahuan anda mengenai Anafilaksis