Mengenal 8 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Bawang bombay merupakan salah satu jenis rempah yang terkenal dan memiliki nama ilmiah Allium Cepa Linnaeus. Sebagai salah satu jenis rempah, banyak yang menggunakan bawang bombay untuk bumbu masakan. Kepopuleran bawang bombay sendiri mulai ada sejak rempah yang satu ini dibawa ke Indonesia oleh para pedagang yang berasal dari kota Mumbai. Meskipun demikian, bawang bombay bukan berasal dari India loh, melainkan dari Palestina yang ada di bagian Asia Tengah.

Bawang yang satu ini memang memiliki ciri berupa aroma yang khas dan nikmat. Namun, aroma tersebut tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan bawang putih maupun bawang merah. Adapun aroma yang terdapat pada bawang bombay muncul karena tingginya kandungan sulfur yang kemudian dapat menghasilkan detox dan memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Lantas, apa saja sih 8 manfaat bawang bombay yang bisa kita rasakan? Berikut ini ulasannya!

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat yang dapat kita rasakan ketika mengkonsumsi bawang bombay adalah kemampuan untuk meningkatkan imun alias kekebalan pada tubuh. Soalnya, bawang yang satu ini memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal kemunculan radikal bebas.

  1. Meredakan sakit kulit

Bawang bombay memiliki senyawa antibakteri, misalnya seperti pektin, flavonoid, serta allison. Ekstrak bawang bombay dapat digunakan untuk menghambat gejala sakit kulit. Apalagi, ekstrak bawang yang satu ini juga dapat kita gunakan untuk melakukan pencegahan.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Baik jantung maupun pembuluh darah dapat terpelihara kesehatannya berkat konsumsi bawang bombay. Apalagi, bawang bombay juga turut berperan untuk membuat tekanan darah menjadi kembali stabil dan tentunya akan secara langsung meminimalisir terjadinya serangan jantung.

  1. Meminimalisir risiko kanker

Ternyata, bawang bombay memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terhadap jenis-jenis kanker tertentu, seperti kanker usus besar, prostat, serta lambung. Soalnya, ada kandungan antioksidan yang akan menjadi antidarang maupun senyawa organosulfur yang jumlahnya tinggi. Senyawa tadi kemudian akan menekan terjadinya pembentukan radikal bebas pada tubuh.

  1. Mengurangi kerontokan

Tentu saja, setiap orang akan merasa kesal apabila setiap hari harus berhadapan dengan rambut yang rontok. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan masker dari bawang bombay. Kandungan potassium dipercaya akan membuat rambut rontok berkurang.

  1. Mencegah diabetes

Mencegah akan selalu lebih baik dari mengobati. Maka dari itu, ketika kita memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes, maka kita dapat memanfaatkan bawang bombay yang akan mengatur kadar dalam gula darah kita. Hal ini juga disebabkan oleh adanya kandungan kromium.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause, maka sangatlah penting untuk tetap memastikan kesehatan pribadi. Nah, apabila kita juga sudah memasuki masa ini dan pensiun, pastikan untuk mengkonsumsi bawang merah terupdate.

  1. Sumber gizi dan nutrisi

Bawang bombay bukan hanya terkenal karena rasanya yang nikmat saja, soalnya ada juga beragam kandungan nutrisi seperti serat, mineral, senyawa antioksidan, serta vitamin B6 dan vitamin C yang memiliki sedikit kandungan lemak jenuh. Bukan hanya itu saja, kita pun dapat memperoleh kandungan senyawa yang lain, misalnya saja seperti fosfor, zat besi, kalsium, sulfur, serta kalium. Nutrisi ini dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan.

Bawang bombay memang memiliki kandungan yang bernutrisi. Oleh karena itu, ketika kita ingin menikmati bawang yang satu ini secara praktis, maka kita bisa menggunakan TaniHub, sebuah platform penyedia sayur dan buah terbaik.

Related posts