Meminimalkan Risiko Bisnis Akibat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Meminimalkan Risiko Bisnis Akibat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia awal tahun 2020 ini memang telah memberikan dampak besar bagi perekonomian dunia. Hal inilah yang dirasakan oleh seluruh pelaku bisnis baik skala kecil maupun skala besar.

Beberapa dampak akibat pandemi pada perusahaan yang harus diterima oleh pengusaha adalah mulai dari unpaid leave, melakukan PHK karyawan sampai yang paling parah adalah tutupnya perusahaan karena tidak ada pendapatan dari bisnis yang dijalankan.

Menjalankan usaha memang harus siap dengan segala risiko dengan akibat dan kerugian apapun yang dapat terjadi. Kesiapan mental inilah yang harus dipahami oleh para pengusaha. Melihat kondisi akibat pandemi, maka dibutuhkan strategi dan pengelolaan risiko bisnis agar usaha tetap bisa berjalan walaupun berada di tengah pandemi.

Strategi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha sangat beragam dan pastinya menyesuaikan bisnis dan industri. Namun pada umumnya, ada beberapa hal yang harus menjadi fondasi untuk mengatasi kondisi tersebut, seperti:

  • Cash Management
  • Contingency Planning
  • Pemeriksaaan Status Aset dan Hutang
  • Rencana Bisnis Baru
  • Melakukan Manajemen Risiko

Beberapa cara di atas dapat menjadi kunci perusahaan agar dapat tetap bertahan di tengah pandemi seperti ini. Namun, untuk memastikan strategi itu berjalan dengan baik dan tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tentu bukan hal yang mudah dan dilakukan dengan asal-asalan.

Perlu dipahami bahwa cara-cara tersebut di atas bermuara pada manajemen risiko atau risk management. Manajemen risiko menjadi unsur utama yang di dalamnya ada cash management, contingency planning, pemeriksaan aset dan bisnis plan baru.

Peran Broker Asuransi dalam Mengelola Risiko Bisnis

Pengelolaan risiko bisnis haruslah dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan broker (pialang) asuransi.

Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah) untuk membantu mengidentifikasi risiko bisnis dan memberikan rekomendasi pilihan asuransi bisnis dan manfaatnya sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kerugian secara finansial. Broker asuransi juga akan membantu menyediakan konsultasi jika terjadi klaim. Broker asuransi dalam kapasitasnya sebagai badan yang melindungi kepentingan masyarakat luas diawasi secara ketat oleh pemerintah secara langsung dalam memberikan jaminan serta perlindungan terhadap para pengguna asuransi di Indonesia.

Secara garis besar, berikut adalah beberapa tanggung jawab dan manfaat dari peran broker (pialang) asuransi:

  1. Konsultasi risiko

Kebutuhan pengelolaan risiko di perusahaan biasanya unik dan berbeda, maka hal inilah yang menuntun broker asuransi memberikan layanan konsultasi risiko untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Broker asuransi diharuskan memiliki kemampuan dan pemahaman yang melampaui pengetahuan asuransi. Spesialisasi industri bisa menjadi keharusan bagi perusahaan broker asuransi yang menjalankan peran konsultasi ini dengan baik.

Sehingga, broker asuransi memiliki kemampuan untuk merancang, menganalisa dan bernegosiasi dalam kepentingan klien atau calon pembeli polis asuransi.

Pada akhirnya produk polis asuransi yang diberikan atau ditawarkan ke klien bisa jadi sangat berbeda dari produk asuransi yang diinginkan klien dan/atau produk asuransi yang umumnya beredar di pasar.

  1. Menjadi penghubung antara klien (tertanggung) dan perusahaan asuransi (penanggung).

Setelah melakukan identifikasi risiko terhadap perusahaan klien, broker asuransi akan memberikan paket asuransi yang beragam, menjembatani pemilihan paket asuransi, hingga mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan (tertanggung).

  1. Kemudahan dalam mencari asuransi bisnis terbaik

Produk asuransi terbaik dapat memberikan manfaat proteksi yang diberikan sesuai kebutuhan, premi yang terjangkau, dan kemudahan dalam proses klaim. Variasi produk yang dapat ditawarkan oleh broker asuransi bisa lebih beragam dari berbagai perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan perusahaan broker asuransi.

  1. Pelayanan Ekstra

Menggunakan broker asuransi dapat memberikan nilai tambah yang sangat membantu perusahaan dalam meminimalisir risiko bisnis berupa manajemen risiko, rekomendasi asuransi yang dibutuhkan perusahaan, hingga membantu dalam proses klaim asuransi.

Peran besar broker asuransi sangat berguna dalam meminimalisir risiko bisnis sebuah perusahaan. Pilihlah broker asuransi yang memiliki kredibilitas baik dan berpengalaman seperti Marsh Indonesia.

Marsh telah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan dalam melakukan manajemen risiko bisnis termasuk saat pendemi. Sehingga, bisnis perusahaan dapat lebih bertahan dan kerugian finansial akibat risiko bisnis bisa diminimalisir.

Source:

  • http://www.financialized.com/Insurance/roles-and-expertise-of-insurance-brokers
  • https://tirto.id/5-tips-dan-strategi-bisnis-di-tengah-pandemi-covid-19-fdSF

Related posts