Membentuk Otot dengan Bersepeda

  • Whatsapp
Membentuk Otot dengan Bersepeda

Sebagian besar pria, ketika ingin perut berotot pasti akan pergi ke tempat fitnes. Berbagai pelatihan olahraga dari instruktur pun dijalani. Bahkan ada pula yang ingin instan dengan mengkonsumsi steroid. Biaya ke pusat kebugaran dan menyewa instruktur pun tidak sedikit. Kini kita tidak perlu lagi untuk pergi ke pusat kebugaran jika hanya ingin membentuk otot perut. Para ilmuwan di Departement de Mecanique Applique dari Université de Franche-Comte mengatakan bahwa membuat sixpack bisa dibentuk dengan bersepeda. Salah satu manfaat bersepeda adalah terbentuknya otot bagian perut dan kaki serta tangan. Para ilmuwan meneliti otot perut pada dua postur pengayuh sepeda.”Mengayuh sepeda pada jalur memuncak (naik) memiliki dampak yang signifikan pada aktivitas otot,” kata salah satu peneliti tersebut. Pasalnya, secara khusus hal itu terpengaruh karena “goyangan” saat mengayuh pedal sepeda menanjak, sehingga hal tersebut mengarah ke aktivitas yang lebih besar dalam segala hal dari bisep, trisep, glutes, dan yang paling penting adalah otot-otot rektus abdominis yang bertanggung jawab untuk perubahan otot perut. Para peneliti menyimpulkan, saat kita kesulitan bersepeda ke jalur naik (misalnya saja kita menaiki bukit) otot-otot perut harus bekerja lebih keras. Selain itu, aktivitas gowes dengan jalur menanjak ini berdampak langsung pada jumlah kalori yang kita bakar. Jadi, semakin banyak kalori yang terbakar, lebih banyak pula lemak yang hilang, yang berarti bisa memperlihatkan semua otot di perut kita terlihat. Menurut riset American College of Sports Medicine, saat bersepeda lurus, tubuh kita dan sepeda bekerja selaras. Sehingga kita tidak akan membakar kalori yang diharapkan. Dan jika kita ingin membakar lemak, bersepeda lurus dan santai tidak akan berpengaruh pada apa yang ingin kita hasilkan pada perut otot kita.. Pasalnya bersepeda biasa sangat berbeda dengan bersepeda untuk menghilangkan lemak. Jika tujuan kita hanya ingin membakar lemak, ubahlah gradien atau kecepatan bersepeda kita.. [1]

Lapisan otot terdiri dari ribuan serat dan saraf, menerima pesan dari otak, yang memerintahnya untuk bergerak. Otot yang aktif bergerak, membutuhkan nutrisi dan oksigen yang dihantarkan oleh darah. Otot yang bergerak atau berkontraksi akan semakin keras dan besar karena darah yang dipompa semakin banyak. Olahraga sepeda lebih banyak bekerja dan membentuk otot bagian bawah tubuh dan tangan. Dengan mengetahui otot-otot apa saja yang bekerja selama bersepeda, kita bisa melatih dan memaksimalkan kinerjanya untuk bersepeda yang lebih kuat dan cepat lagi. Banyak juga yang melakukan latihan otot  dengan sepeda indoor, tetapi dengan suasana pemandangan yang berbeda. [2]  Otot-otot yang paling berdampak ketika bersepeda antara lain:

  1. Quadriceps

Otot terbesar di kaki ini berada pada paha bagian atas dan bekerja saat kaki kita memanjang. Saat bersepeda, posisi kaki kita akan terus berputar, sehingga otot quadriceps ini akan terus terlatih.

  1. Glutes

Glutes adalah otot yang berada di area pantat. Sama seperti otot quadriceps, otot glutes akan bekerja saat kaki memanjang.

  1. Hamstring

Otot Hamstring adalah otot yang berada pada posisi belakang kaki, tepatnya pada paha bagian belakang. Berbeda dari quadriceps, otot hamstring justru bekerja saat lutut tertekuk.

  1. Calves

Otot calves disebut juga otot betis, yang berada pada kaki bagian bawah. Otot ini akan bekerja saat kaki menunjuk ke arah bawah.

  1. Anterior Tibialis

Otot ini berada pada bagian depan tulang kering, dan bekerja saat kaki mengarah ke atas. Saat mengayuh sepeda, kaki akan bergerak memutar dan menggerakkan otot calves dan anterior tibialis secara bergantian.

  1. Hip Flexors

Hip Flexors adalah otot yang berada pada perut bagian bawah, dan bekerja saat pinggul merenggang. Saat mengendarai sepeda, peregangan dan pengencangan otot berlangsung saat lutut mendekat dan menjauh. [3]

Dengan kata lain Bersepeda tidak serta merta hanya memperkuat otot kaki saja, tetapi manfaat bersepeda juga bisa mempengaruhi otot perut, dan semua tergantung pada pada porsi kita bersepeda. Kalau kita ingin membentuk otot perut yang sixpack, kita harus rajin2 bersepeda dengan cara mendaki, kalau hanya ingin menurunkan kadar lemak, bersepeda di jalur yang landai menjadi pilihannya. Ketika bersepeda, kita jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan kita. AQUA botol merupakan pilihan yang paling tepat, karena AQUA botol mudah dibawa kemana saja, dan bisa ditempatkan di holder tempat minum di sepeda. Dengan kemasannya yang praktis, AQUA kemasan botol dapat selalu mengingatkan dan memudahkan kita memenuhi kebutuhan hidrasi, serta nyaman dibawa ke mana saja ketika kita dan keluarga sedang beraktivitas. AQUA juga bisa didapatkan dengan mudah, bisa ditemukan di warung-warung sekitar wilayah kita bersepeda dan di supermarket.

Selain higienis, AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.[4]

Dapatkan AQUA di situs berikut:

  1. https://male.co.id/detail/384/ingin-membentuk-sixpack-kayuhlah-sepeda-sport-hobby-0
  2. https://www.sepeda.me/others/otot-tubuh-yang-dipakai-ketika-bersepeda.html
  3. https://www.ruparupa.com/blog/ini-6-otot-tubuh-yang-bekerja-saat-bersepeda/#:~:text=Menurut%20penelitian%2C%20bersepeda%20merupakan%20latihan,Anda%20mengayuh%20sepeda%20lebih%20cepat.
  4. https://www.sehataqua.co.id/4-manfaat-memiliki-persediaan-aqua-kemasan-botol-di-rumah/?gclid=Cj0KCQjw7Nj5BRCZARIsABwxDKLDn5sQwL8QRJWn9-ljn2da96e2p5vuRknFB7RfN0VHw945pyFwQVoaApb8EALw_wcB/

Related posts