Apakah kamu sudah terbiasa dengan perkembangan teknologi? Meski membanggakan, ternyata perkembangan ini juga diikuti dengan aksi merugikan berupa penipuan online. Banyak sekali bentuknya, mulai dari telepon sampai serangan virus. Lantas bagaimana Langkah-Langkah Melaporkan Penipuan Online tersebut?
Buat kamu para pengguna indosat, lebih baik berhati hati. Kenali dengan baik skema penipuan yang semakin pintar dan sulit dideteksi aplikasi. Apalagi di 2020-2023 jumlah penipuan yang tercatat sudah mencapai 3428 kasus. Dan itu masih akan berkembang. Agar lebih waspada dan tahu cara melawannya, simak ulasan berikut.
Seperti apa bentuk penipuan online?
Penipu online semakin pintar dalam melancarkan serangannya. Cara dan bentuknya pun semakin unik, mulai dari skema penipuan berupa telepon, mencari informasi sensitif, kata sandi, bahkan pun pun bisa dilakukan. Tidak jarang mereka menyamar menjadi entitas terpercaya yang datang dalam bentuk telepon, email, bahkan website palsu.
Belum lagi dengan kemajuan sosial media yang semakin ramai. Tidak sedikit para penipu yang bermain tipu daya dengan gaya tawaran menguntungkan, promosi, dan lain lain. Bahkan sempat ramai masalah investasi palsu dan jual produk dengan harga tidak masuk akal sehingga pembeli harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.
Untuk memberantas penipuan tersebut, Indosat Ooredoo hutchison selaku penyedia layanan internet berharap pelanggan lebih meningkatkan literasi digital. Sehingga lebih waspada dengan tanda-tanda penipuan. Begitu juga dengan cara melaporkan penipuan online. Karena semua proses ini akan selalu kembali ke user atau sumbernya sendiri.
Sebelum masuk ke Langkah-langkah melaporkan penipuan online, kamu juga harus tenang dan segera lakukan perbaikan keamanan. Sebelum kejadian semakin parah, langsung ganti atau perbarui keamanan akun. Kamu bisa ganti password atau pin untuk cegah kebocoran informasi pribadi lebih jauh.
Jika di Hp atau di perangkat ada akun M-banking atau yang berkaitan dengan bank, ada baiknya cek aktivitas finansial. Jika perlu ganti juga pin dan kata sandi untuk menghindari pembobolan rekening. Jangan lupa juga untuk terus cek aktivitas keuangan, jika ditemukan keanehan ada baiknya langsung lapor ke pihak bank.
Langkah pelaporan ke kemenkominfo
1. Siapkan bukti penipuan
Saat ini kemenkominfo sudah menyediakan tempat untuk masyarakat yang ingin mengadukan kasus penipuan online. Caranya pun mudah karena sudah tersedia di ADUAN BRTI lewat layanan.komifo.go.id atau Aduannomor.id/home. Di sana kamu bisa menemukan beberapa informasi dan juga tempat untuk pengaduan dalam bentuk formulir.
2. Mengisi formulir untuk memulai chat
Di halaman tersebut kamu harus memulai chat. Tapi sebelumnya isi identitas pelapor berupa nama, alamat, email, dan nomor telepon. Setelah itu kamu baru bisa memulai percakapan bersama dengan petugas Help Desk. Langkah-langkah melaporkan penipuan online ini bisa saja memakan waktu lama, jadi pastikan koneksi internet stabil dan lancar.
3. siapkan dan unggah bukti
Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengunggah bukti penipuan tersebut. Bisa saja berupa rekaman percakapan, foto atau pesan penipuan, dan tangkapan layar. Nantinya informasi tersebut akan diverifikasi oleh helpdesk sebelum kamu mendapatkan tiket laporan.
4. mendapatkan tiket laporan
Jika sudah selesai verifikasi, pelapor akan mendapat tiket laporan. Laporan ini akan masuk ke dalam sistem SMART PPI, kemudian proses berlanjut dengan pemblokiran nomor atau sumber penipuan tersebut. Semua proses ini akan dipantau lagi apakah benar ada indikasi penipuan atau tidak. Jika tidak maka perlu klarifikasi atau verifikasi dari pelapor.
Pencegahan dan fitur keamanan Hp
Agar lebih aman, tidak ada salahnya untuk menerapkan keamanan online lewat antivirus, verifikasi website, lebih hati hati dengan situs tidak jelas, dan waspada dengan telepon, chat, dan link atau tautan yang mencurigakan. Selain Langkah-langkah melaporkan penipuan online, pastikan juga kalau operator internet yang digunakan sudah terpercaya.
Dalam hal ini, Indosat Ooredoo Hutchison luncurkan paket layanan API atau Application Programming Interface yang digunakan untuk pemersatu GSMA secara internasional. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan pengalaman pengguna. Keamanan ini diwujudkan dalam bentuk keamanan ponsel tambahan.
Fitur yang dimaksud adalah Number Verify ini dianggap lebih aman dari OTP (One Time password) terutama untuk mencegah serangan malware. SIM Swap juga diterapkan sebagai cara konfirmasi dan verifikasi oleh pengguna apakah ada pergantian kartu. Ada juga device location yang digunakan untuk mengakses lokasi perangkat pengguna dan mencegah aktivitas mencurigakan.
Sebagai salah satu penyedia layanan internet, Indosat tidak berhenti untuk meningkatkan keamanan para penggunanya. Mulai dari kolaborasi mitra strategis sampai fitur lainnya, operator telekomunikasi di Indonesia ini berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna. Karena itu, jangan ragu untuk pakai Indosat.
Terlepas dari upaya Indosat dan teknologi yang semakin ditingkatkan untuk mencegah penipuan, aksi lapangan akan kembali ke pihak penggunanya. Tetap waspada dan juga kenali risiko yang muncul dari teknologi internet. Kemudian kenali Langkah-langkah melaporkan penipuan online jika terjadi hal yang merugikan.