Deretan Gerakan Yoga untuk Mengurangi Cemas Karena Virus Corona

  • Whatsapp
Deretan Gerakan Yoga untuk Mengurangi Cemas Karena Virus Corona

Selama wabah virus corona tidak heran apabila banyak orang yang merasa panik. Hal tersebut karena masyarakat diharapkan untuk dapat melakukan langkah pencegahan dengan tinggal di rumah tetapi juga belum ada upaya lainnya yang dapat dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus ini karena belum ada vaksin yang ditemukan yang bisa mengobatinya. Oleh karena itulah hal tersebut menimbulkan rasa cemas yang dirasakan, padahal apabila cemas berlebihan juga tidak baik karena dapat untuk mengurangi imunitas tubuh sehingga menjadi lebih mudah sakit. Oleh karena itulah untuk menghindari cemas yang berlebihan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga yoga yang mempunyai manfaat mengurangi rasa cemas. Adapun untuk beberapa gerakan yoga terbaik yang dapat mengatasi rasa cemas adalah sebagai berikut ini:

  • Gerakan savasana

Gerakan yoga pertama yang bisa dilakukan untuk dapat mengurangi kecemasan selama isolasi corona adalah savasana. Dimana jenis gerakan ini cukup sederhana dan mempunyai manfaat untuk membuat tubuh istirahat dan juga dapat melepaskan ketegangan yang dirasakan sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Gerakan ini hanya dengan berbaring dan mengatur napas sehingga dapat mengendurkan otot tubuh. Ketika berbaring posisinya adalah telentang dengan telapak tangan menghadap ke atas, posisi kaki selebar pinggul, dan juga membuat posisi yang nyaman. Posisi mudah ini dapat untuk melatih napas sehingga menjadi lebih tenang dan rileks.

  • Gerakan kaki di atas tembok

Gerakan yoga mudah selanjutnya yang dapat dilakukan selama wabah virus corona masih belum diatasi sehingga dapat untuk mencegah stress adalah gerakan kaki di atas tembok. Gerakan ini juga mudah seperti namanya yaitu dengan meletakkan kaki di atas dinding sedangkan untuk bagian tubuh lainnya adalah cukup berbaring. Gerakan ini akan mempunyai manfaat untuk dapat darah mengalir menjauh dari kaki. Selain itu keunggulan lain dari gerakan ini dalah dapat membuat lebih tenang, hal yang sangat dibutuhkan di tengah kecemasan corona.

  • Gerakan anak-anak

Gerakan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah gerakan anak-anak. Gerakan ini adalah mempunyai posisi yang dapat menenangkan aliran napas Anda. Dimana untuk gerakannya juga sangat sederhana dan mudah dilakukan termasuk untuk pemula. Posisi ini hanya membutuhkan gerakan seperti bersujud, tetapi bedanya adalah untuk kedua tangan Anda harus diletakkan lurus di depan sehingga membuat badan lebih renggang. Untuk melindungi lutut juga Anda bisa meletakkan bantal atau selimut apabila ingin melakukan gerakan ini sedikit lebih lama. Keunggulan dari gerakan ini adalah dapat mengatur napas lebih baik untuk membuat tubuh menjadi tenang.

  • Meditasi duduk

Gerakan yoga selanjutnya yang dapat dilakukan selama masa penyebaran corona adalah meditasi duduk. Caranya juga sangat mudah yaitu duduk bersila seperti ketika melakukan meditasi. Posisi ini tentunya mempunyai keunggulan yaitu dapat membuat pikiran lebih tenang dan fokus. Posisi ini juga dapat melatih pernafasan dengan kontrol napas atau yang disebut dengan pranayama.

  • Gerakan jembatan

Gerakan yoga terakhir yang bisa dilakukan selama wabah virus corona masih merebak sehingga dapat membuat pikiran lebih tenang adalah gerakan jembatan. Posisi ini hanya cukup untuk berbaring telentang dengan kaki yang ditekuk kemudian diangkat. Kaki juga dibuka selebar pinggul dan bisa menggunakan penopang agar lebih nyaman. Selain yoga juga ada olahraga lainnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress dan menambah imun. Berbagai jenis olahraga yang dilakukan selama corona bisa dibaca lebih lengkap di Halodoc.

Related posts